MATA LELE UNTUK PAKAN LELE

Mata Lele Untuk Pakan Lele - Mata Lele adalah Jenis salah satu nama dari tumbuhan air. Nama lain berdasarkan tanaman  ini berbeda-beda tiap daerah. Disuku minang Sumatra Barat diklaim kiambang. Duckweed dan lemna minor dalam bahasa asing. Wong kito galo Palembang & Jambi menyebut mata lele.

Mata lele bisa di gunakan sebagai pakan alternatif atau pakan alami untuk budidaya lele. Dan Pada pakan jenis ini sangat tepat untuk mengurangi biaya operasional dalam usaha ternak lele.

Mata lele banyak dipakai buat

Mata Lele Untuk Pakan Lele
MATA LELE
Pakan ternak & ikan

Mengatasi pencemaran lingkungan

Untuk hiasan kolam depan tempat tinggal  

Digunakan buat menyerap logam (timbal) pada air.

Kiambang atau kayambang ini mulai banyak diincar oleh poly ilmuwan buat diteliti lebih mendalam menjadi subsitusi pakan ikan, unggas & ruminansia.

Dijadikan pupuk kompos dan memperbaiki struktur tanah.

Mata lele bisa menjaga kwalitas air.

Sifat tumbuh mata lele

Tumbuh dalam air menggunakan baik meski tanpa pupuk.

Dalam saat 50 sd 60 hari luas 20 m2 akan menutupi kolam seluas 1 hektar atau akan tumbuh dua kali lipat dalam saat 48 jam.

Memiliki kadar protein sampai 35% dan mampu meningkat tajam sebagai 50% saat dilakukan fermentasi menggunakan menggunakan mikroba dan amino essential. Wajar bila mata lele       dinobatkan jadi ratu protein. Seperti halnya Azolla, tumbuhan air lainnya pula berkadar air tinggi (91%) tetapi Azolla hanya mempunyai kadar air 89%.

Budidaya mata lele membutuhkan huma yang luas apabila menginginkan duckweed ini dijadikan andalan menjadi pakan ikan air tawar, unggas & ruminansia. Ini berita buruknya. Berita baiknya duckweed berprotein tinggi & mampu diandalkan sebagai pengganti tepung botani lainnya yg belakangan ini semakin hari semakin mahal.

Duckweed atau kiambang adalah flora akuatik dan apabila ditanam dihamparan yg luas dari kejauhan akan terlihat latif dan eksotik disenjakala. Oleh sebagian orang kiambang dianggap tanaman  pengganggu (gulma) pertumbuhan ikan, padahal tumbuhan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi buat pertumbuhan ikan.

Cara memasak Mata lele buat pakan lele
Ramuan ini berfungsi untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit & untuk membuat lele sebagai kuat, gempal & tahan penyakit. Ramuan ini bisa diberikan kepada lele setiap 5 hari sekali & apabila demikian dapat dipastikan anda akan menghemat 25% menurut porto pakan ikan lele. Pada ketika pemberian  ramuan nir diharapkan hadiah pakan pelet berdasarkan pabrik (dipuasakan)

Mata lele                             20%
Daun singkong                 30%
Daun kates                        30%
Tepung tapioka                 10%
Tepung ikan                       10%
Bahan penyangga (berfungsi sebagai antibiotik organik)
Minyak cpo                           1%
Premix                                   0,lima%
Enzim                                    1%
Daun sambiloto                   25 lembar
Daun  sirih                            lima lbr
Daun jambu kluthuk            lima lembar
Garam                                    0,01%

Daun kates dan daun singkong dicacah & campurkan seluruh bahan, difermentasi anaerob selama 48-72 jam. 

BACA JUGA
Hasil menurut selesainya fermentasi akan mendapatkan kandungan protein 45%. Pemberian pakan ini hasilnya akan lebih maksimal  disaat sehari dilakukan grading. 

Biasanya sehari sebelum grading lele dipuasakan dan sehabis grading dipuasakan antara 18 sd 24 jam & disaat inilah saat yang tepat dilakukan hadiah ransum special ini pada lele

Mudahnya Budidaya Mata Lele dengan pakan alternatif ternak lele

Ukuran kolam 1m x 1m x 30cm
Kotoran ayam 0,lima kg
Pupuk sp-36 1 ons
Setelah dalam hari ke-tiga anugerah pupuk pada media kolam tebarkan bibit mata lele.
Pada pertumbuhan maksimum mata lele sanggup tumbuh 2x lipat hanya dalam saat 20 jam.

Demikian artikel tentang mata lele untuk pakan lele, semoga bermanfaat

No comments

Powered by Blogger.