BETERNAK BEBEK DI MASA STARTER

Bertenak Bebek Di masa Starter - Trend masakan menggunakan memakai daging bebek waktu ini kian semakin tinggi, seiring menggunakan perkembangan jaman, daging bebek diolah dengan banyak sekali macam hidangan, menurut sini akhirnya mendorong tumbuh kembangnya konsumsi daging bebek.

Dahulu daging bebek diperoleh dari bebek yg telah tidak produktif/ afkir, karena kebutuhan daging bebek terus semakin tinggi, maka diharapkan suply tambahan, pilihan salah satu alternatif yg sangat prospek adalah dengan penyediaan daging bebek dari bebek jantan, atau bebek jenis pedaging. 

Sehingga ketika ini bebek pedaging atau biasa dianggap bebek pangkas pembudidayaanya kian diminati. Tetapi hal ini harus diimbangi dengan pemeliharaan yg baik, 

sebagai akibatnya bebek pangkas atau pedaging terkadang outputnya tidak maksimal sesuai yang diinginkan, atau diluar spek. Buat itu perlu dipelajari pemeliharaan itik yg baik dan benar, terutama pada masa starter. Dan Pembelajaran tentang berternak bebek pemula sangatlah di anjurkan.

Bertenak Bebek Di Masa Starter

Bertenak Bebek Di Masa Starter
Menurut penggolongan masa pemeliharaan itik, secara umum terdapat kecenderungan antara pemeliharaan itik petelur dengan itik pedaging, kita sepakati masa starter adalah masa 0 hari hingga menggunakan masa 21 hari, masa ini dianggap masa paling rawan, bagaimana tidak, tumbuh kembang itik dipengaruhi dalam masa ini. 

Pada masa masa starter maka tingkat kematian Pada Itik sering terjadi dan apabila tak di perhatikan maka bukannya untung malah menjadi buntung.

Langkah pertama buat pemeliharaan itik pedaging masa starter adalah itik dikeluarkan menurut kemasan atau kotak penyimpanan, & dimasukkan dalam kandang starter biarkan beberapa jam, misalkan satu jam, biarkan kondisi itik pada keadaan tenang, sehabis itu beri air minum yg dicampur menggunakan larutan vitamin, apabila tidak terdapat beri menggunakan air gula merah, menggunakan maksud buat mempertinggi ketahanan tubuh dalam itik. 

Penggunaan  vitamin dalam itik ini dilakukan terus menerus pada 7 hari pertama tanpa sela, sehabis itu pemberian  vitamin sanggup dilakukan sehari sekali, atau jika ingin hasil yg optimal pemberian  vitamin dalam itik dilakukan sampai itik umur 2 minggu tanpa jeda waktu. 

Selesainya DOD atau anak itik kondisinya membaik & normal sanggup diberikan makan. Pakan di usahakan dalam hal ini berbentuk butiran, mampu dibeli di toko pakan ternak, spesifik untuk masa starter, dengan jumlah yg diubah sesuaikan dengan kebutuhan itik pedaging. 

Hal lain yg perlu diperhatikan adalah sesampai pada sangkar box, itik yg diberi minum perlu dijaga supaya bulunya tidak menjadi basah karena mandi air minum yang telah disediakan, karena hal ini dapat menimbulkan  kematian  Pada itik. 

Buat itu perlu kiranya diperhatikan dan diawasi supaya kondisi bulu itik supaya permanen kering, dan itik tidak mandi dalam air minum yang sudah disediakan, apabila terdapat itik yg terlanjur basah dikarenakan air yang menempel pada bulunya segera di karantina, & diberikan pemanasan khusus agar kondisinya kering dan pulih seperti sedia kala.

Buat penggunaan pakan dalam masa 21 hari pertama sebaiknya menggunakan standart bahwa pakan tadi mengandung 20% hingga 21% kadar protein, & 3000 hingga 3200 kkal. Karena Protein ini sangat di perlukan untuk masa starter di peternakan bebek pedaging.

Selesainya melewati 21 hari maka kadar protein & kalori diadaptasi sinkron menggunakan umur itik tadi. Buat menunjang supaya asupan gizi itu maksimal  maka loka tempat pakan yg disediakan wajib  mencukupi, hindari itik yg berdesak friksi sewaktu itik makan atau dalam kata lain tingkat kepadatannya tinggi jadi sebaiknya wadah pakan relatif buat itik, dan semua itik dipastikan kebagian pakan yang telah disediakan.

Terdapat beberapa standart kuantitas/ banyaknya pemberian  pakan buat itik, dalam hari pertama tiba, buat sehari bisa diberikan lima gram/ekor, lalu ditambah 3 gr/hari sampai umur 7 hari. 

Sedangkan mulai hari ke 8 pakan ditambah 4 gram hingga umur 21 hari, 

dan selanjutnya ditambah lima gr sampai usia panen. Jadi buat masa starter hal yang perlu diperhatikan adalah cara anugerah pakan, loka pakannya, tempat minumnya, serta kepadatan buat ternaknya. 

Bila keempat faktor tersebut di perhatikan maka dapat diperoleh output yang mengembirakan untuk beternak bebek di masa starter.

No comments

Powered by Blogger.